Sabtu, 22 Mei 2010

Italia 'Bawa Sial' untuk Van Gaal


Jakarta - Louis van Gaal pernah membawa tim asuhannya tiga kali bertemu dengan tim asal Italia di laga puncak Liga Champions. Sial bagi sang Meneer, ia hanya sekali bisa menang.

AC Milan, Juventus, dan Inter Milan adalah tiga tim Italia yang pernah dihadapi oleh Van Gaal. Rossoneri dan Bianconeri dihadapi ketika pelatih bernama lengkap Aloysius Paulus Maria van Gaal itu menukangi Ajax Amsterdam. Sementara itu Nerazzuri dihadapi saat pelatih berusia 8 Agustus 1951 itu menjadi trainer di Bayern Muenchen.

Van Gaal berhasil membawa Ajax menjadi juara di di final musim 1994/1995 dengan mengalahkan AC Milan 1-0. Ketika itu keputusannya memasukkan Patrick Kluivert di menit ke-69 berbuah manis. Pemain nasional Belanda tersebut berhasil menjaringkan gol tunggal kemenangan bagi tim dari ibukota Negeri Kincir Angin.

Semusim berselang, Van Gaal kembali mengantar Ajax ke final. Kali ini lawan yang dihadapi kembali tim Italia yakni Juventus. Dalam laga di Stadion Olimpico, Roma, ambisi Ajax untuk melakukan back to back kandas karena takluk lewat babak adu penalti.

Untuk musim ini, Van Gaal kembali menjejak final Liga Champions kali ini bersama tim Jerman Bayern Muenchen. Lagi-lagi, eks arsitek Barcelona, timnas Belanda, dan AZ Alkmaar itu kembali menghadapi wakil Seri A yaitu Inter Milan.

Hasilnya? Van Gaal harus kembali menyaksikan anak buahnya dibekuk Javier Zanetti dkk. dengan skor 0-2 dalam pertandingan yang dilangsungkan Minggu (23/5/2010) dinihari WIB tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar