Sabtu, 22 Mei 2010

Puasa Inter Diakhiri Milito


Madrid - Berakhir sudah puasa gelar kompetisi tertinggi antarklub Eropa yang dialami Inter Milan. Diego Milito menjadi aktor utama yang mengakhiri penantian panjang itu.

Milito dengan memborong seluruh gol kemenangan saat Inter menundukkan Bayern Muenchen 2-0 dalam laga final Liga Champions, Minggu (23/5/2010) dinihari WIB.

Bagi Inter gelar Liga Champions ini memastikan mereka mencatat treble winners pada musim ini, setelah sebelumnya menjadi juara Seri A dan Coppa Italia.

Trofi Liga Champions kali ini menjadi yang ketiga yang dimiliki Inter. Sebelumnya tim Biru Hitam meraihnya di musim 1963/1964 dan 1964/1965 ketika kejuaraan masih bernama European Cup.

Jalannya Pertandingan

Di lima menit awal pertanidngan, kedua tim saling melancarkan tekanan. Namun upaya yang dibangun juara Seri A atau pun jawara Bundesliga itu belum ada yang memberikan ancaman berarti ke gawang masing-masing lawan.

Bayern memiliki peluang matang di menit kesembilan. Lewat tusukan Arjen Robben dari sayap kanan yang berhasil mengelabui dua pemain Inter, selanjutnya pemain Belanda itu melepas umpan ke kotak penalti. Bola disambut oleh Ivica Olic namun sepakannya masih melenceng dari sasaran.

Menit ke-13, dalam sebuah situasi sepak pojok yang didapat Bayern, bola tandukan Daniel van Buyten sempat mengenai tangan dari Maicon. Protes yang dilancarkan Van Buyten tidak ditanggapi oleh wasit.

Sneijder! Menit ke-17, pemain Inter bernomor punggung sepuluh itu melepas tendangan bebas. Bola yang sempat mengenai kepala Hamit Altintop kemudian mengarah ke gawang Bayern. Kiper Hans Jorg Butt dengan sigap menghalau peluang Inter tersebut.

Menit ke-25, La Beneamata kembali memperoleh peluang, lagi-lagi melalui tendangan bebas yang dieksekusi Sneijder. Kali ini sepakan pemain Belanda itu tepat di tangkapan Butt.

Thomas Mueller membuang peluang yang didapatkan di menit ke-31. Tendangan pemain muda Bayern itu dari luar kotak penalti masih melambung.

Inter membuka skor di menit ke-33 melalui Diego Milito. Gol ini diciptakan setelah kerjasama antara pemain ARgentina itu dengan Wesley Sneijder.

Gol ini berawal dari tendangan Julio Cesar dari area sendiri yang selanjutnya diterima Milito. Dengan tandukan kepala, Milito mengarahkan bole ke Sneijder. Selanjutnya pemain Belanda itu mengembalikan bola ke Milito.

Kemudian pemain Inter bernomor 22 itu berhasil lolos dari penjagaan pemain belakang Bayern, sedikit mendorong bola ke kotak penalti dan mengakhirinya dengan eksekusi yang merobek gawang Bayern.

Kombinasi Milito-Sneijder kembali menghadirkan ancaman bagi Bayern di menit ke-41. Milito yang berhasil menembus sisi kiri menyodorkan bola ke kotak penalti. Sneijder yang tak terkawal melepaskan tembakan tapi tepat mengarah ke Butt.

Peluang terakhir dalam laga ini didapatkan Bayern. Sepakan dari luar kotak penalti masih melenceng di samping kanan gawang Julio Cesar.

Begitu babak kedua dimulai, kedua tim langsung saling bertukar serangan. Peluang pertama selepas turun minum didapatkan Bayern. Umpan dari Altintop disambut eksekusi Thomas Mueller namun upayanya bisa digagalkan Julio Cesar.

Tak sampai semenit berselang, Inter balik menghadirkan ancaman. Milito yang menusuk dari sayap kiri kemudian mengirimkan umpan yang selanjutnya dimanfaatkan Goran Pandev untuk melepas tembakan. Dengan satu tangan, Butt menggagalkan upaya juara Seri A itu untuk menambah keunggulan.

Altintop! Tendangan datar yang dilepas pemain Bayern di menit ke-54 ini berhasil melewati hadangan Lucio, namun masih melenceng tipis di samping gawang Inter.

Sepuluh menit berselang, Bayern kembali menghadirkan ancaman. Melalui sebuah situasi sepak pojok, Thomas Mueller melepaskan serbuan ke arah gawang Inter. Namun upayanya masih bisa digagalkan oleh tandukan Esteban Cambiasso.

Menit ke-64 Sneijder melalui tendangan bebasnya lagi-lagi memaksa Butt beraksi menyelamatkan gawangnya.

Robben! Menit ke-65 eks pemain Chelsea dan PSV Eindhoven ini melepaskan tembakan ke tiang jauh. Julio Cesar berhasil menepis bola yang dilepaskan oleh pemain kunci Bayern itu.

Inter berhasil menambah keunggulan dua puluh menit menjelang bubaran. Lagi-lagi Milito mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini berawal dari tusukan eks striker Genoa itu yang dilancarkan dari sisi sebelah kiri pertahanan Bayern.

Selanjutnya pemain bernomor 22 itu berhasil mengelabui Daniel van Buyten untuk selanjutnya melepaskan bola ke tiang jauh yang gagal dibendung Butt.

Di sisa waktu, Bayern lebih banyak melancarkan serangan. Namun aksi-aksi Die Roten yang dimotori Robben belum ada yang berhasil menembus gawang Julio Cesar.


Susunan Pemain

Bayern Muenchen: Butt; Lahm, Van Buyten, Demichelis, Badstuber, Van Bommel, Schweinsteiger, Robben, Altintop (Klose 63'), Muller, Olic (Gomez 74')

Inter Milan: Julio Cesar; Maicon, Lucio, Samuel, Chivu (Stankovic 68'), Zanetti, Cambiasso, Eto’o, Sneijder, Pandev (Muntari 78'), Milito (Materazzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar