Minggu, 09 Januari 2011

El Cuchu Mulai Lebih Produktif


Milan - Esteban Cambiasso bukanlah tipikal gelandang yang haus gol.Tapi pemain Inter Milan yang punya julukan 'El Cuchu' itu sedang membuat sebuah pengecualian di musim ini.

Cambiasso menjadi pahlawan Inter saat berduel melawan Catania Minggu (9/1/2011) malam. Setelah timnya kebobolan lebih dulu di menit 71, ia berturut-turut mencetak gol di menit 73 dan 79.

Dua gol tersebut membuat Inter berbalik unggul dan menjadi pemenang di akhir laga dengan skor 2-1. Itu sekaligus pula menjadi kemenangan kedua La Beneamata di bawah arahan pelatih baru, Leonardo.

Untuk Cambiasso, ia kini telah mengoleksi empat gol di Seri A, dari 13 pertandingan. Bukan angka yang fantastis, tapi sebuah pencapaian khusus buat pemain internasional Argentina itu.

Sejak menginjakkan kaki di Italia, torehan gol terbanyak Cambiasso di paruh pertama musim adalah empat. Itu pernah terjadi pula di musim 2005/2006 dan 2007/2008. Ia masih bisa mengukir rekor baru karena Inter punya dua pertandingan sebelum masuk paruh kedua.

Sebagai gelandang bertahan, Cambiasso tak punya koleksi gol yang istimewa. Sepanjang karirnya ia tak pernah mencetak gol dua digit dalam satu musim, kecuali saat bermain untuk River Plate di musim 2001/2002, ketika mendulang 12 gol dari 37 pertandingan liga. Rekornya di Inter adalah mengemas enam gol di musim 2007/2008.

Situs Inter mencatat, ia baru tiga kali mencetak dua gol dalam satu pertandingan bersama Nerazzurri. Dua sebelumnya ia buat pada 9 September 2006 ke gawang Fiorentina, dan 7 November 2007 ke jala CSKA Moskow di Liga Champions.

"Aku bikin gol lagi? Yang lebih penting tim ini menunjukkan karakternya, siapapun yang bikin gol. Kalau gelandang juga bisa mencetak gol, itu berarti kami mengerahkan semuanya," ucap Cambiasso setelah pertandingan di kandang Catania tersebut.

Semenjak bergabung Inter di musim panas 2004, hingga kini Cambiasso merupakan salah satu pemain yang paling konsisten. Dalam enam musim terakhir ia menjadi starter di pertandingan Seri A rata-rata 28 kali per musim.

Cambiasso juga sudah menjadi salah satu pemain kesayangan Interisti, dan semakin dikenal dengan julukannya, El Cuchu.

"Itu nama sesosok karakter di televisi Argentina," cerita dia suatu ketika, tentang 'El Cuchu'. "Pria menyenangkan yang terkenal dengan lawakan-lawakannya. Waktu El Cuchu sangat populer di negaraku, aku masih kecil, masih umur 5 atau 6 tahun. Cuma itu yang aku ingat. Kemudian rekan-rekan setimku memberiku julukan nama itu. Aku suka karena aku memang orang yang menyenangkan dan pribadi yang hangat. Tapi kalau di lapangan, itu berbeda. Kamu harus berguna untuk tim … dan tidak menyenangkan buat pemain-pemain lawan."(detiksport.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar